HARGA PASANG BAJA RINGAN

harga pasang baja ringan
harga pasang baja ringan

Ketika hendak membangun rumah, banyak hal yang harus diperhatikan. Seperti hendak membuat rangka atap dari kayu maupun baja ringan. Nah, bila Anda ingin rumah lebih tahan lama dan tidak banyak melakukan renovasi, penggunaan baja ringan bisa menjadi pilihan. Sebelum itu, Anda harus tahu terlebih dahulu harga pasang baja ringan terbaru.

Dulu rangka atap terbuat dari kayu. Entah menggunakan kayu jati, kayu mahoni, kayu sengon, maupun kayu yang lain. Kayu satu dengan yang lain memiliki karakter dan keunikan masing-masing, serta memiliki harga yang berbeda.

Bila Anda memiliki budget cukup tinggi, Anda bisa gunakan kayu jati. Kualitas kayu jati lebih terjaga karena cenderung awet dan mudah dibentuk. Hanya memang harganya lebih mahal dibanding kayu lain.

Sedangkan kayu yang lain relatif lebih murah tetapi ketahanannya tidak sebagus kayu jati. Dulu pilihannya hanya ada pada kayu. Bisa memilih kayu yang lebih mahal dengan kualitas bagus atau kayu menengah dengan kualitas sedang.

Kini dunia konstruksi semakin maju lagi. Anda memiliki lebih banyak pilihan dibanding sebelumnya. Kalau dulu rangka atap hanya berkutat pada kayu, kini Anda bisa memilih baja ringan sebagai rangka atap.

Sebenarnya tidak hanya sebagai rangka atap saja, bisa juga untuk properti lain. Namun, di Indonesia penggunaan baja ringan lebih sering sebagai rangka atap maupun atapnya.

Kisaran Harga Pasang Baja Ringan

Bagi Anda yang ingin memasang baja ringan sebagai rangka atap maupun yang lain, tentu Anda penasaran mengenai harga pasang baja ringan. Mengetahui rincian harga bahan bangunan penting untuk merencanakan anggaran pembangunan rumah.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, kisaran harga baja ringan terpasang per meter kurang lebih 150 ribu rupiah. Baja ringan tipe ini termasuk paling praktis karena tinggal pasang saja. Tukang pun akan memasangnya dengan mudah.

Bila Anda ingin membeli per batang, dengan ketebalan 0,75 – 1 mm harganya berkisar 85 ribu rupiah per batang. Sedangkan baja ringan tambahan dengan tebal 0,6 mm kisaran harganya 75 ribu rupiah dan baja ringan dengan ketebalan 0,45 mm harganya sekitar 40 ribu rupiah.

Atau bisa disimpulkan harga baja ringan paling tipis (0,45 mm) hingga paling tebal (1 mm) bisa Anda dapatkan dalam kisaran harga 50 ribu hingga 125 ribu rupiah. Harga bisa berubah sesuai dengan lokasi, tetapi harga yang tertera ini bisa menjadi acuan untuk Anda.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memasang baja ringan sebagai properti rumah? Saat ini minat terhadap baja ringan makin tinggi. Meski peningkatannya belum setinggi itu, tetapi perlahan orang akan beralih ke baja ringan.

Kelebihan Penggunaan Baja Ringan

Setelah tahu harga pasang baja ringan dan hendak mengambil keputusan untuk memasangnya sebagai rangka atap atau atap, mari simak terlebih dahulu kelebihan dari material ini.

Tentu ada kelebihan dan kekurangan dari penggunaan baja ringan. Mari kita bahas kelebihannya terlebih dahulu, antara lain:

  1. Tahan terhadap Cuaca Ekstrim

Baja tentu lebih kokoh dibanding kayu, ketika hendak Anda jadikan sebagai rangka atap. Sehingga ketika cuaca ekstrim pun Anda tidak perlu terlalu khawatir. Atap rangka akan terpasang dengan rapat sehingga kecil kemungkinan untuk roboh.

Bila Anda berada di lingkungan dengan potensi cuaca ekstrem, seperti sering terjadi angin puting beliung maupun curah hujan yang tinggi, pertimbangkan untuk menggunakan baja ringan. Anda tentu akan merasa lebih tenang menggunakan bahan ini dibanding memilih kayu.

  1. Perawatan Mudah

Baja ringan relatif lebih mudah perawatannya. Ketika memasang baja ringan sebagai atap maupun rangka atap, biasanya tukang akan memberi tahu bagaimana cara perawatannya.

  1. Terlihat Lebih Estetik

Salah satu keunikan baja ringan yang tidak dimiliki kayu yakni baja ringan bisa dilapisi dengan cat warna-warni. Bagi Anda yang suka terhadap keindahan, tentu akan lebih senang dengan baja ringan yang lebih estetik.

Selain melindungi dari cuaca ekstrim, baja ringan yang terpasang sekaligus bisa menambah keindahan rumah. Jadi kesan indahnya dapat, perlindungannya juga dapat. Anda mendapat dua keuntungan sekaligus bukan!

  1. Dapat Didaur Ulang

Bila nanti Anda harus merobohkan bangunan dan mengganti dengan bangunan baru, jangan lantas membuang baja ringan lama yang telah terpakai. Anda bisa menggunakannya kembali kok!

Atau Anda bisa menjualnya lagi karena nantinya bisa didaur ulang dan dimanfaatkan lagi. Sangat praktis dan tidak mengakibatkan banyak limbah.

  1. Jauh dari Serangan Serangga

Ketika Anda membuat rangka atap menggunakan bahan kayu, terkadang Anda mendapati serbuk kayu yang gugur ke bawah. Bukan apa-apa, itu adalah pekerjaan serangga.

Sehingga lama-kelamaan kayu akan lapuk dan mau tidak mau Anda harus segera menggantinya. Bila tidak, rangka atap Anda bisa roboh nanti. Ini tentu membahayakan keselamatan keluarga di rumah.

Nah, dengan menggunakan baja ringan, serangga tidak akan datang menyerang rangka atap Anda. Jelas lebih aman dan bisa bertahan dalam jangka panjang.

  1. Tidak Mudah Terbakar

Salah satu alasan Anda harus menggunakan baja ringan dan mencari tahu harga pasang baja ringan adalah karena logam ini tidak mudah terbakar. Kebakaran merupakan resiko terbesar ketika Anda membangun rumah.

Bila semua isi rumah terbuat dari bahan mudah terbakar, otomatis banyak yang tidak terselamatkan ketika kebakaran terjadi. Namun, bila Anda menggunakan bahan tahan api, seperti baja ringan, tentu potensi kebakaran makin besar bisa dicegah.

Kelemahan Baja Ringan

Di balik kelebihan tentu ada kekurangan. Inilah kekurangan dari penggunaan baja ringan:

  1. Menyerap Sinar Matahari

Ketika Anda memasang baja ringan sebagai rangka maupun atap, perlahan Anda akan merasakan hawa cukup panas. Hal ini dikarenakan baja ringan cenderung menyerap sinar matahari.

Untuk mengatasi hal itu, Anda harus memasang pendingin di rumah Anda. Atau buat sirkulasi udara yang baik sehingga hawa panas tidak begitu terasa.

  1. Tidak Mudah Diubah Ukurannya

Yang harus diperhatikan saat menggunakan baja ringan ialah Anda harus menyesuaikan ukuran rumah dengan baja ringan yang tersedia. Karena baja ringan sulit untuk diubah ukurannya.

Bila ingin mengubah ukuran, Anda harus menyewa jasa tukang las. Tentu hal ini akan menambah biaya yang harus dikeluarkan.

  1. Tidak Cocok untuk Rumah Ramah Energi

Bagi Anda penggiat hemat energi, menggunakan baja ringan bukan pilihan tepat. Efektivitas dari rumah Anda akan berkurang karena ada hawa panas akibat baja ringan yang terlalu menyerap sinar matahari.

Bila Anda menggunakan baja ringan sebagai bagian dari material rumah, tentu akan membuat Anda lupa akan konsep hemat energi. Maka lebih baik tidak gunakan baja ringan bila prioritas Anda membangun rumah sekaligus sebagai langkah hemat energi.

Itulah sederet kelemahan dari baja ringan. Tentu ada kelebihan dan kelemahan dari material satu ini. Namun, satu hal pasti, bila Anda ingin memasang baja ringan sebagai atap rumah maupun rangka atap atau properti lain, kami siap membantu Anda.

Kami akan sampaikan harga pasang baja ringan versi kami, kemudian keputusan ada di tangan Anda.

Berikut yang harus anda lakukan sebelum memutuskan menyewa layanan pemasangan baja ringan

  1. Menghitung luas atap rumah untuk mengetahui biaya jasa pasang baja ringan

Sebagai contoh, ukuran luas rumah adalah 6 x 10 m. Setiap atapnya memiliki oversteck sebesar 0,5 m yang berada di sisi kanan, kiri, depan dan belakang.  Apabila sudut kemiringan dari atap 30 derajat, maka luas atap rumah atau disingkat (LAR) dihitung dengan perhitungan sebagai berikut: :

LAR = panjang x lebar / cosinus derajat kemiringan atap

        = (6 m + oversteck kanan kiri 1 m) x (10 m + oversteck depan belakang 1 m) / cos 30°

         = 7 m x 11 m : cos 30° = 77 m2 : 0.866

LAR = 88, 92 m2.

  1. Menghitung biaya total jasa pasang baja ringan

Sebelumnya, kita harus mengetahui kisaran harga baja ringan dan harga genteng pilihan didaerah atau di sekitar lokasi anda. Sebagai contoh untuk harga baja ringan setebal 1 mm adalah Rp 150 ribu/m2, sedangkan untuk harga genteng metalnya adalah Rp 100 ribu/m2. Maka perhitungannya setelah dimasukkan LAR adalah sebagai berikut:

= (LAR x harga baja ringan per m2) + (LAR x harga penutup atap per m2)

= (88,92 m2 x  Rp. 140.000) + (88,92 m2 x Rp. 100.000)         

= Rp. 12.448.800 + Rp. 8.892.000 

= Rp. 22.230.000.

Sehingga diperoleh angka untuk biaya pemasangan atap baja ringan yakni Rp. 22.230.000,-

Harga Pasang Baja Ringan Karya Tukang

Kami Karya Tukang adalah penyedia jasa pemasangan baja ringan yang berdiri di kota Kediri. Tetapi kami juga melayani seluruh area Indonesia, karena kami mempunyai beberapa tenaga profesional yang siap mengerjakan pemasangan baja ringan di area luar pulau Jawa.

Kami menawarkan Layanan pasang baja ringan dengan harga terjangkau tetapi kami tetap mengutamakan Kualitas sehingga siapapun akan merasa nyaman ketika menggunakan fasilitas layanan kami.

Sebagian banyak customer kami ada yang dari lembaga instansi pemerintah maupun yang dari swasta pemasangan baja ringan.

Demikian info tentang harga pasang baja ringan jika Saudara ingin memakai jasa kontraktor kami, hubungi kami saat ini untuk memperoleh jasa pemasangan baja ringan yang berkualitas, murah dan hasil yang memuaskan.

Silakan hubungi kami lewat kontak yang sudah kami siapkan untuk keperluan yang lain juga selain pasang baja ringan seperti pengerjaan Interior, kami selalu akan memberi saran terbaik serta hasil kerja yang berkualitas. Anda bisa menghubungi customer servicenya di nomor dibawah ini :

0812-5296-4473

Segera hubungi, untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik !

karyatukang.com

Baca Juga : Jasa Desain Rumah Online

Baca Juga : Jasa Konstruksi Baja

Baca Juga : Kontraktor ACP

Baca Juga : Jasa Renovasi Rumah

Baca Juga : Jasa Kontraktor Bangunan

Baca Juga : Kontraktor Kubah Masjide