ATAP BAJA RINGAN

Biaya Jasa Pasang Atap Baja Ringan

contoh jasa pasang baja ringan

Salah satu jenis material yang sekarang mulai banyak digemari adalah baja ringan, material ini bisa didefinisikan sebagai material baja yang lebih tipis dan ringan apabila dibandingkan dengan baja konvensional. Selain itu juga daya tahannya bisa diandalkan untuk menopang beban berat bangunan. Itulah mengapa jasa pasang baja ringan menjadi populer dalam beberapa waktu ini untuk pembagian pendidikan,

Sebelum melanjutkan bagaimana menghitung biaya pemasangan baja ringan, kita masuk sebentar ke waktu awal dimana material ini dibuat. Berdasarkan fakta bahan penyusunnya, bahan penyusun dari baja adalah karbon dan besi yang juga akan rentan mengalami karat apabila material ini terekspos air dan udara dalam waktu lama.

Meski jasa pasang baja ringan tengah hits saat ini dan banyak diadopsi untuk beberapa tujuan, namun sebenarnya teknologi rangka atap baja ringan baru berada di pasar dan kemudian dikenal orang-orang Indonesia di sekitar akhir tahun 1999 – 2000. Pekembangan di dunia teknologi informasi juga tidak kalah cepat kerimbang, berkembang pulalah cara orang mendesain rangka atap baja ringan dengan komputer

Saat ini pemasangan atap baja ringan bisa dilakukan dengan mudah, anda hanya perlu melakukan langkah dan pertimbangan bagaimana pemasangan baja ringan didiskusikan dulu dengan seorang profesional, yang akan membantu memvisualkan gambaran tentang rangka atap dalam bentuk gambar tiga dimensi atau dua dimensi.

Umumnya, ketebalan kuda-kuda atap baja ringan yang digunakan dalam  pemasangan baja ringan adalah pada jenis ukuran 0,45 – 100 mm. Kolom setidaknya harus memiliki ketebalan lebih besar yaitu 1,00 – 2 mm, sedangkan untuk genteng bermaterial metal harus memiliki setidaknya ketebalan 0,2 mm. Alasannya adalah tentu saja beban yang ditanggung oleh konstruksi baja ringan ini jauh lebih ringan daripada rangka baja ringan di bagian kolom.

Sebelum memutuskan untuk memasang rangka atap baja ringan terutama juga untuk menggunakan jasa pasang baja ringan, anda bisa menghitung rincian biaya yang akan dikeluarkan nantinya juga harus menyesuaikannya dengan bujet. Apalagi saat ini untuk biaya pemasangan rangka atap baja ringan tersebut sudah termasuk dengan biaya penutup atap.

Berikut yang harus anda lakukan sebelum memutuskan menyewa jasa pasang baja ringan

  1. Menghitung luas atap rumah untuk mengetahui biaya jasa pasang baja ringan

Sebagai contoh, ukuran luas rumah adalah 6 x 10 m. Setiap atapnya memiliki oversteck sebesar 0,5 m yang berada di sisi kanan, kiri, depan dan belakang.  Apabila sudut kemiringan dari atap 30 derajat, maka luas atap rumah atau disingkat (LAR) dihitung dengan perhitungan sebagai berikut: :

LAR = panjang x lebar / cosinus derajat kemiringan atap

        = (6 m + oversteck kanan kiri 1 m) x (10 m + oversteck depan belakang 1 m) / cos 30°

         = 7 m x 11 m : cos 30° = 77 m2 : 0.866

LAR = 88, 92 m2.

  1. Menghitung biaya total jasa pasang baja ringan

Sebelumnya, kita harus mengetahui kisaran harga baja ringan dan harga genteng pilihan didaerah atau di sekitar lokasi anda. Sebagai contoh untuk harga baja ringan setebal 1 mm adalah Rp 150 ribu/m2, sedangkan untuk harga genteng metalnya adalah Rp 100 ribu/m2. Maka perhitungannya setelah dimasukkan LAR adalah sebagai berikut:

= (LAR x harga baja ringan per m2) + (LAR x harga penutup atap per m2)

= (88,92 m2 x  Rp. 140.000) + (88,92 m2 x Rp. 100.000)         

= Rp. 12.448.800 + Rp. 8.892.000 

= Rp. 22.230.000.

Sehingga diperoleh angka untuk biaya pemasangan atap baja ringan yakni Rp. 22.230.000,-

Klik Tombol di Kanan Bawah kontak CS kami untuk Info Lebih Lanjut